Jumat, 10 Desember 2010

NON ILMIAH,TULISAN ILMIAH

SATU DETIK SAJA

Hari ini mendung awan terlihat gelap berhiaskan kabut yang tebal,aku sedikit malas untuk keluar dari ruang kelas meski kakiku ini ingin segera bergegas untuk pulang menuju kerumah.Tapi sungguh aneh pulang terlalu siang ya pukul 14.00 saat itu cukup siang untuk ku berada dirumah kebetulan teman-temanku sama ingin memanfaatkan waktu untuk refresing sejenak rasanya sudah kita tak bermain menjelajahi pelosok kota..langkah kaki kami berhenti sejenak dipersimpangan jalan menuju lapangan yang cukup ramai menjadi icon dikota kami..kebetulan saat itu sedang ada lomba kepalang merahan lomba itu diikuti beberapa sekolah tingkat SMA/SMK/sederajat sekolah ku pasti mengikuti ini karena selama 4 tahun berturut-turut sekolah ku menjadi juara umum lomba ini.sayangnya disini aku hayang melihat sekilas dari kejauhan.aku dan teman-temanku hanya duduk menikmati hirup-pikuk kota ini.namun tak tau kenapa tiba-tiba terlintas dari ingatanku seorang berkacamata yang akhir-akhir ini menyelimuti ruang hatiku dengan sebuah janjinya untuk bertemu denganku.hatiku tiba-tiba berkata "Oh...tuhan andai diantara orang yang memakai baju PMR itu ada dia??" harapanku serasa tak pernah usai bila mengingatnya. padahal tak menutup kemungkinan kesetiaanku ini tak mungkin dibalas dengan ketulusannya.aku yakin ini sangat sia-sia bila melihat posisinya sekarang menjadi ketua osis disekolahnya pasti dia sangat dikagumi oleh orang-orang dan mungkin sangat mudahnya dia mendapatkan seseorang yang dia suka.aku semakin berkecil hati apa yang harus aku tunjukkan kepadanya kepintaran yang dulu ia sebutkan salah satu hal yang membuatnya suka padaku pun sekarang sudah menjadi abu yang usang.aku hanya orang yang sangat biasa dibandingkan dengannya saat ini. sungguh aku malu bila harus bertemu dengan keadaan seperti ini tapi aku sangat ingin bertamu dengannya walau hanya sedetikpun meski hanya satu langkahku,satu kedipku melihatnya.Rasanya itu tidak mungkin terjadi walau hanya satu detikpun..

Keterangan:

Judul    : Satu Detik Saja
Jenis artikel       : Non Ilmiah
Jumlah kata      : 285


NON ILMIAH
Karya non ilmiah sangat bervariasi topik dan cara penyajiannya, tetapi isinya tidak didukung fakta umum. Karangan non-ilmiah ditulis berdasarkan fakta pribadi, dan umumnya bersifat subyektif. Bahasanya bisa konkret atau abstrak, gaya bahasanya formal dan populer, walaupun kadang-kadang juga formal dan teknis

  Semarang - Banjir yang menggenangi sejumlah wilayah di Semarang, Jateng, mengakibatkan korban jiwa. Tiga ditemukan tewas dan tujuh hilang.

Ketiga korban tewas adalah Yayuk, PNS Kendal dan dua balita yang belum diketahui namanya. Yayuk ditemukan di tepi jalan, Kawasan Mangkang. Ia terjepit di dalam mobil Toyota Starlet dalam keadaan masih berseragam. Sementara dua balita ditemukan di dekat Kantor BRI Mangkang.

Banjir di kawasan ini ini diakibatkan meluapnya Sungai Beringin. Air sedemikian deras dan mengakibatkan Jalan Raya Mangkang (Semarang-Kendal) itu tergenang dan hampir-hampir tak bisa dilewati.

Anggota Basarnas, Ahmad mengatakan, sejauh ini, korban meninggal akibat banjir berjumlah tiga orang. Satu orang dewasa dan dua balita. Ketiganya sudah dievakuasi dan dibawa ke RS Bhayangkara.

"Data di kami, ada tiga yang meninggal," kata Ahmad, Selasa (9/11/2010) malam.

Ahmad menambahkan, kemungkinan, ada korban lain. Pasalnya, Basarnas menerima informasi ada 7 orang yang masih dicari di Wonosari, Ngaliyan. "Tapi kami belum bisa memastikan untuk yang ini," ungkapnya.

Sementara di Kawasan Perumahan Tanah Mas, hingga kini proses evakuasi warga
masih berlangsung. Warga mengungsi karena pemukiman mereka tergenang
air karena luapan Banjir Kanal Barat.
Genangan air berkisar 30-50 cm. Belum ada laporan korban jiwa.

Saat ini, di sejumlah titik banjir mulai surut. Meski demikian, di titik lainnya, air masih cukup menggenang sebagaimana terjadi di Kawasan Tanah Mas.


Warga perumahan tersebut, Juju Kristianto, juga melaporkan ada tiga kelurahan yang parah terkena banjir. Air bahkan sudah mencapai satu meter.


"Mobil dan motor juga terendam, ini dari banjir kanal barat," ucap Juju lewat fasilitas Info Anda.
Keterangan :
Judul    : Banjir di Semarang Tewaskan 3 Orang, 7 Masih Hilang


TULISAN ILMIAH

Tulisan ilmiah adalah tulisan yang disusun secara sistematis dan logis. Tulisan ilmiah umumnya berisikan masalah-masalah yang objektif yang dipadukan dengan kecermatan penalaran dan bahasa. Dalam karya tulis ilmiah digunakan ragam bahasa formal atau terpelajar bukan bahasa informal atau pergaulan. Ragam bahasa ilmiah umumnya mengikuti gagasan penulis dalam suatu bidang ilmu tertentu. Ragam bahasa ilmiah juga dapat membedakan gagasan atau pokok pikiran yang memang berbeda dan mempunyai struktur yang baku dan cermat, sehingga gagasan dapat dengan mudah dimengerti ataupun diterima oleh pembaca.

Manga, merupakan sebutan untuk komik di Jepang. Tidak  ada yang tahu secara pasti kapan komik masuk pertama kali ke Jepang, tetapi pada mulanya komik Jepang adalah peniruan dari film animasi Walt Disney oleh Ozamu Tezuka (1928-1989) dan merupakan cikal bakal dari komik Jepang modern. Beliau mengekspresikan gerakan film-film animasi Walt Disney ke dalam komik Jepang. Karya-karya beliau setelah akhir perang dunia II membuka era baru untuk komik Jepang. dan agan2 sendiri pasti tahu karya yang paling terkenal dari Beliau apa kan?yups paling terkenal.
Astroboy ini diayang classicnya yang moderen

Karena pada mulanya komik di Jepang adalah peniruan dari film animasi dari Walt Disney maka saat itu para penggemar komik Jepang adalah anak-anak. Namun pada tahun 1959 mulai diterbitkan dua majalah mingguan untuk anak laki-laki yaitu Shonen Magazine dan Shonen Sunday. Saat itu hiburan untuk anak di Jepang hanyalah komik saja, belum ada anime (sebutan untuk film animasi di Jepang) dan tentu saja belum ada game komputer.
Sepuluh tahun kemudian, majalah komik untuk remaja mulai terbit, Manga Action (1967), Young Comic (1967), Play Comic (1968) dan Big Comic (1967). Pembaca komik yang usianya kurang lebih sembilan tahun pada tahun 1959, maka pada saat itu (tahun 1967) mereka telah berumur kurang lebih delapan belas tahun dan telah masuk masa remaja sehingga mereka mau membaca komik yang cocok dengan usia dan selera mereka.

Keterangan :

Judul : Manga
Jenis Artikel      : Non ilmiah

Wacana Semi Ilmiah

Wacana pada Tataran Semi Ilmiah merupakan wacana yang karakteristiknya berada di antara ilmiah dan non ilmiah.
Jenis-Jenis Wacana Semi Ilmiah : Artikel,Editorial,Opini,Feuture,Reportase.
























0 komentar:

Poskan Komentar